5 Taman di Jakarta Utara Adem, Ada Wahana Permainan, Gratis

12 hours ago 5

Jakarta -

Jakarta Utara memiliki banyak taman. Tanpa tiket masuk, siapapun bisa ngadem di taman-taman itu.

detikTravel mencoba menyusuri taman demi taman yang ada di Jakarta Utara, terutama beberapa yang berada di sekitar Cilincing pada Senin (1/7/2024). Di tengah hari, detikTravel dibuat kagum dengan Taman Sungai Kendal yang terletak di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing.

Tak seperti tampilan depannya, jika terlihat dari luar taman ini seperti hanya memiliki area darat dan area kolam dengan area berjalannya di atas jembatan saja. Tapi ternyata setelah memasuki lebih dalam dengan menelusuri jembatan, hadirlah area bermain yang luas beserta wahana seperti perosotan dan ayunan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, terdapat lapangan multifungsi dan juga skatepark yang bisa digunakan oleh pengunjung tanpa dipungut biaya apapun. Pengamanan Dalam (Pamdal) Wilayah Rorotan, Susiarti, menjelaskan fasilitas apa saja yang ada di taman ini di luar dari toilet dan mushola.

"Untuk fasilitasnya di sini kita ada jembatan jogging track ya, terus ada permainan, lapangan multifungsi, perosotan dan ayunan juga ada di sini, skatepark juga ada di sini. Tapi skatepark itu bukan yang buat track sepeda cuman skatepark biasa aja," kata Susiarti kepada detikTravel.

Nah ternyata, tak jauh dari Taman Sungai Kendal ini masih terdapat beberapa taman-taman keren lainnya yang bisa disambangi jika berada di kawasan ini. detikTravel pun menyisir satu per satu taman-taman tersebut.

1. Taman Bintaro

Taman Bintaro, Cilincing, Jakarta UtaraTaman Bintaro, Cilincing, Jakarta Utara (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Eits! Jangan terkecoh, Taman Bintaro ini bukan berada di Tangerang Selatan. Secara nama memang sama namun secara tempat berbeda, taman ini berada tak terlalu jauh dari Taman Sungai Kendal.

Walaupun area taman ini tak terlalu besar, tapi cukup untuk anak-anak bermain di area ini karena terdapat wahana perosotan. Untuk orang dewasa pun di Taman Bintaro ini juga terdapat dua fasilitas gym yang bisa dipakai secara gratis, selain itu terdapat area pejalan kaki yang bisa digunakan untuk jogging atau jalan santai.

Menariknya, di samping Taman Bintaro ini terdapat hamparan sawah yang membentang luas. Saat detikTravel berkunjung ke taman ini masih sepi dari pengunjung dan menurut penjaga Taman Bintaro biasanya akan ramai saat jam 16.00 atau 16.30 WIB.

"Ntaran, biasanya baru rame jam empat atau setengah limaan," kata penjaga yang tak menyebut namanya itu.

2. Taman Sarang Bangau

Taman Sarang Bangau di Cilincing, Jakarta UtaraTaman Sarang Bangau di Cilincing, Jakarta Utara (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Dilanjut dengan Taman Sarang Bangau. Taman ini berjarak hanya 2,6 kilometer dari Taman Sungai Kendil.

Taman Sarang Bangau memiliki fasilitas olahraga dan bermain untuk anak-anak, taman ini juga bisa jadi tempat yang pas untuk menikmati sore.

Karena di taman ini juga sering dijadikan tempat 'nyore' warga sekitar. Menurut salah satu pedagang yang kerap mangkal di taman ini, Baruna, menyebut banyak anak-anak atau pengunjung yang datang ke sini membeli minuman kepadanya.

"Normal aja biasanya di sini Rp 40.000 sampai Rp 50.000 lah dan paling gede pernah sampai Rp 80.000," kata Baruna.

Baruna mengatakan berjualan di Taman Sarang Bangau ini sejak masa pandemi karena saat itu taman ini ramai dan masih belum ada penjual yang lain, alhasil ia berjualan di taman ini. Adapun pengunjung yang menghampiri Baruna adalah pengunjung yang telah usai berolahraga seperti Nurdiansyah.

Ia menyebut baru pertama kali jogging di Taman Sarang Bangau ini dan kesan yang Nurdiansyah sebutkan pun positif. Maka dari itu ia betah berlama-lama olahraga di tempat ini karena sedari pukul 14.00 WIB dirinya sudah di sini.

"Karena suasananya enak, adem, bersih, dan bagus lah," singkatnya dan waktu sudah menunjukan sekitar pukul 16.00 WIB.

3. Taman Matahari

Di Jakarta Utara banyak terdapat RTH atau taman yang keren yang bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Taman-taman ini cukup keren dan gratis.Taman Matahari di Cilincing, Jakarta Utara (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Taman Matahari berbeda dengan dua taman yang sudah disebutkan karena di taman ini tidak ada area bermain. Taman Matahari yang berada di pinggiran sungai jadi spot istirahat warga sekitar atau sekadar nongkrong-nongkrong sembari memesan minuman dingin.

Uniknya, di taman ini sedang banyak ditumbuhi oleh berbagai tanaman, termasuk tanaman cabe yang sedang dalam masa berbuah. Petugas UPS Badan Air Kecamatan Cilincing, Awan Gunawan, yang bertanggung jawab menjaga taman ini mengatakan tanaman cabe di sini fungsinya memang untuk hiasan namun nantinya juga bisa diambil oleh warga atas seizin pihak kecamatan.

"Yang diprioritaskan ditanam di sini kan cabe, ini udah ditanam sama kecamatan ya seperti untuk penghias aja. Boleh (diambil) nanti kalau ada arahan dari kecamatan," kata Awan sambil bersantai di salah satu saung.

Awan juga menyebut taman ini banyak dikunjungi oleh warga sekitar dan biasa waktu yang dipakai warga untuk berkunjung ke Taman Matahari ini saat pagi dan sore hari. Area Taman Matahari juga terdapat spot-spot foto yang lumayan bagus untuk diabadikan, sudah disediakan pula spot foto tersebut mulai dari dekat sungai hingga di tengah-tengah taman.

"Kalau pagi ramenya sekitar jam 07.00 WIB lah, kalau sore sekitar jam 15.00 WIB sampai menjelang magrib," katanya.

Dan masih terdapat beberapa taman-taman keren yang berada di pinggiran Kota Jakarta ini dan empat di antaranya ini rerata jam operasional mereka dibuka sejak pukul 07.00 hingga 18.00 WIB. Terpenting dari semua taman yang telah dijelaskan tadi tak ada biaya masuk alias gratis, jadi tunggu apa lagi segera datangi taman-taman keren di Jakarta Utara ini.

4. Taman Sungai Kendal

Taman Sungai Kendal jadi primadona warga untuk berkumpul dan berwisata gartis. Taman ini berada di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.Taman Sungai Kendal jadi primadona warga untuk berkumpul dan berwisata gratis. Taman ini berada di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. (Muhammad Lugas Pribady/detikcom)

Taman Sungai Kendal berada di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing. Tak seperti tampilan depannya, jika terlihat dari luar taman ini seperti hanya memiliki area darat dan area kolam dengan area berjalannya di atas jembatan saja.

Tapi ternyata setelah memasuki lebih dalam dengan menelusuri jembatan, hadirlah area bermain yang luas beserta wahana seperti perosotan dan ayunan.

Selain itu, terdapat lapangan multifungsi dan juga skatepark yang bisa digunakan oleh pengunjung tanpa dipungut biaya apapun. Pengamanan Dalam (Pamdal) Wilayah Rorotan, Susiarti, menjelaskan fasilitas apa saja yang ada di taman ini di luar dari toilet dan mushola.

"Untuk fasilitasnya di sini kita ada jembatan jogging track ya, terus ada permainan, lapangan multifungsi, perosotan dan ayunan juga ada di sini, skatepark juga ada di sini. Tapi skatepark itu bukan yang buat track sepeda cuman skatepark biasa aja," katanya kepada detikTravel.

Nah ternyata, tak jauh dari Taman Sungai Kendal ini masih terdapat beberapa taman-taman keren lainnya yang bisa disambangi jika berada di kawasan ini. detikTravel pun menyisir satu per satu taman-taman tersebut.

5. Taman Ondel-ondel

Taman Ondel-ondel di Semper, Cilincing, Jakarta Utara dulu adalah tempat pembuangan sampah.Taman Ondel-ondel di Semper, Cilincing, Jakarta Utara dulu adalah tempat pembuangan sampah. (Natasha Kayla Ananta/detikcom)

Perlu diketahui kalau taman yang berada di Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Hingga akhirnya diubah menjadi taman dengan beragam fasilitas dan diresmikan tahun 2023.

Selain sebagai tempat rekreasi warga sekitar, Taman Ondel-ondel ini juga menjadi sara pelestarian budaya Betawi. Ya, ondel-ondel merupakan ikon khas Kota Jakarta ini.

"Bagus sih neng, karena anak-anak lebih mainnya di sini semua jadi nggak kemana-mana mainnya," kata warga bernama Wijiastuti.

Adanya sepasang ondel-ondel yang terpasang di area depan taman bukan sekadar pajangan saja, namun juga sebagai pengingat untuk gene...

Read Entire Article