India Kemasukan Varian 'Ganas' Mpox Clade Ib, Ini Gejala yang Dikeluhkan Pasien

6 hours ago 5

Jakarta -

India telah melaporkan kasus pertama Mpox 'cacar monyet' clade Ib dari Malappuram, Kerala. Kasus ini menimpa seorang pria berusia 38 tahun yang bepergian dari Uni Emirat Arab dan menunjukkan gejala.

Dikutip dari Asian News International (ANI), pria tersebut mengalami gejala demam dan ruam yang mirip cacar air di tubuhnya. Setelah itu, dokter curiga dan mengirim sampel untuk pengujian. Hasilnya, pria tersebut positif varian 'ganas' clade Ib.

Saat ini pria tersebut tengah dirawat di rumah sakit perguruan tinggi kedokteran pemerintah di distrik tersebut. Kondisi pasien juga dilaporkan stabil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

baca juga

Kontak pasien telah dilacak dan sedang dalam pengamatan. Sejauh ini, tidak ada kontak yang dinyatakan positif.

"Sekitar 29 teman dan anggota keluarga pasien, beserta 37 penumpang dalam penerbangannya, sedang dipantau di rumah, tetapi sejauh ini tidak seorang pun dari mereka yang menunjukkan gejala Mpox," kata pejabat pusat distrik Malappuram, Dr Shubin C, kepada Reuters pada tanggal 23 September.

Menteri Kesehatan Negara Bagian India Veena George mengatakan pria tersebut telah mengambil tindakan pencegahan dengan mengisolasi diri dari keluarganya setelah menyadari mengeluhkan gejala Mpox atau cacar monyet.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya menyatakan Mpox sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat global untuk kedua kalinya dalam kurun waktu dua tahun. Hal ini karena munculnya stain clade I dan penyebarannya yang sangat pesat di negara Afrika pada 14 Agustus.

Clade I, yang secara historis ditemukan di Democratic Republic of Congo (DRC). Jenis virus tersebut umumnya memicu gejala yang lebih parah dengan tingkat komplikasi yang lebih tinggi, seperti ensefalitis, pneumonia, gangguan pernapasan, dan infeksi bakteri sekunder.

Adapun penyakit Mpox menyebabkan tanda dan gejala yang biasanya dimulai dalam seminggu tetapi dapat dimulai 1-21 hari setelah terpapar. Gejala biasanya berlangsung 2-4 minggu tetapi dapat berlangsung lebih lama pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala umum mpox adalah:

ruam
demam
sakit tenggorokan
sakit kepala
nyeri otot
sakit punggung
energi rendah
pembengkakan kelenjar getah bening.

baca juga


(suc/kna)

Read Entire Article