Menko Hadi Ungkap Progres Pembangunan 3 Pusat Data Nasional di Cikarang-IKN

3 hours ago 1

Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menyampaikan perkembangan pembangunan tiga Pusat Data Nasional (PDN). Ketiga PDN itu berlokasi di Cikarang, Jawa Barat; Batam; dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu disampaikan Hadi dalam rapat bersama Komisi I DPR di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2024). Selain Hadi, hadir pula Wamenkominfo Nezar Patria dan Wamenkominfo Angga Raka Prabowo.

Hadi menjelaskan, PDN 1 akan dibangun di Cikarang dengan progres pembangunannya saat ini telah mencapai 85 persen dengan skema pembiayaan melalui pinjaman dari pemerintah Prancis. Dia menargetkan PDN ini dapat beroperasi pada awal 2026.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pembangunan PDN Cikarang sudah 85 persen dengan memanfaatkan soft loan dari pemerintah Prancis dan PDN Cikarang direncanakan beroperasi pada awal 2026," kata Hadi.

Selanjutnya, kata Hadi, PDN 2 akan dibangun di Batam. Hadi menjelaskan saat ini pembangunannya masih dalam tahap penentuan konsultan pengawas.

Menurutnya, otorita Batam saat ini sudah membebaskan lahan yang akan digunakan untuk pembangunan PDN 2. Pembangunan ini juga menggunakan soft loan ke Pemerintah Prancis.

"Kemungkinan dalam minggu ini dari Polhukam akan memanggil otorita Batam untuk melakukan koordinasi terkait penempatan cold site yang paling aman di wilayah Batam," kata dia.

Hadi melanjutkan, PDN 3 akan dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dia mengatakan saat ini lokasi tanah itu tengah disiapkan oleh pihak Otorita IKN.

"Kemungkinan minggu ini juga akan kami panggil untuk bisa menentukan dimana letaknya agar kami bisa mempersiapkan untuk pembangunan selanjutnya," kata dia.

(fca/knv)

Read Entire Article