Muktamar PKB Bakal Tentukan Ketua Umum hingga Ketua Dewan Syuro Partai

1 month ago 16

Jakarta -

Pelaksanaan Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diselenggarakan malam ini hingga besok di Bali. Adapun Mukmatar ke-VI ini bakal memilih Ketua Umum (Ketum) dan Ketua Dewan Syuro partai periode 2024-2029.

"Dalam dua hari ini, agenda-agenda penting yang akan kita lalui adalah pemilihan Ketua Umum, termasuk pemilihan Ketua Dewan Syuro, perumusan platform perjuangan politik PKB selama lima tahun yang akan datang, dan penetapan garis-garis besar perjuangan PKB 5 tahun yang akan datang," kata Wasekjen PKB Syaiful Huda dalam konferensi pers jelang pembukaan Muktamar, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Sabtu (24/8/2024).

Huda menyebut Muktamar ini juga merumuskan rekomendasi politik atas dinamika yang sedang dihadapi PKB dan bangsa Indonesia. Ia mengatakan presiden terpilih Prabowo Subianto akan menghadiri penutupan Mukmatar pada Minggu (24/8) siang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Rekomendasi kita mengantisipasi berbagai perkembangan politik, ekonomi, dan sosial 5 tahun yang akan datang. Jadi ini beberapa hal agenda yang akan dibahas selama 2 hari ke depan," ujar Sekretaris SC Muktamar PKB ini.

"Pak Prabowo Subianto akan hadir langsung. Semoga sesuai dengan jadwal, direncanakan akan dilaksanakan penutupan muktamar pada jam 12 besok waktu Wita. Semoga berjalan sesuai dengan jadwal karena kebetulan di Bali besok itu ada banyak event," sambungnya.

Huda menyebut pembahasan Mukmatar akan berlangsung hingga dini hari. Ia menyebut mekanisme pemilihan Ketua Umum PKB berawal dari aspirasi dewan pengurus cabang (DPC) di daerah.

"Selama prosesnya ada usulan yang hasil pleno DPC-DPC yang sudah diusulkan dan nanti akan menjadi bagian utuh dari pemandangan umum masing-masing DPC yang akan diwakili oleh DPW-nya masing-masing yang akan menyampaikan terkait dengan sosok siapa yang akan diusung kembali untuk memimpin PKB periode 2024 2029 itu saja bedanya," ujar Huda.

"Jadi kami memang tidak ada pendaftaran Caketum yang ada adalah usulan dari struktur paling bawah melalui plenonya masing-masing yang nanti akan disampaikan dalam agenda pleno yang ke-4 yaitu pemilihan ketum," imbuhnya.

(dwr/dwia)

Read Entire Article