7 Fakta Bandara Seletar di Singapura, Biasa Layani Jet Pribadi

4 weeks ago 15

Singapura -

Selain Bandara Changi, Singapura mempunyai bandara lain bernama Bandara Seletar. Berikut fakta-fakta terkait Bandara Seletar.

Bandara Seletar adalah salah satu bandara yang dimiliki oleh Singapura. Dibandingkan dengan Changi, nama Seletar memang kurang populer di mata traveler.

Yang membedakan antara keduanya adalah Bandara Changi dikhususkan untuk pesawat komersial berbadan besar. Sementara itu, Bandara Seletar untuk pesawat berukuran kecil seperti pesawat jet pribadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut fakta-fakta tentang bandara Seletar yang perlu traveler tahu:

1. Bandara Internasional Pertama di Singapura

Bandara Seletar dengan kode IATA: XSP, adalah bandara sipil yang terletak di Seletar, sebelah timur laut Singapura. Jauh sebelum Changi berdiri, Seletar adalah bandara internasional pertama yang dimiliki oleh Singapura.

Bandara Seletar dibuka pada 28 Februari 1928 sebagai stasiun penerbangan Royal Air Force (RAF Seletar). RAF adalah divisi udara dari Angkatan Bersenjata Inggris.

2. Awalnya Pangkalan Militer

Sesuai dengan namanya, RAF Seletar awalnya digunakan sebagai pangkalan militer. Saat itu, Singapura termasuk dalam wilayah koloni Inggris.

Namun RAF Seletar melayani juga penerbangan sipil dari tahun 1930 hingga 1947. Pada tahun 1971, RAF akhirnya undur diri dari Seletar dan menyerahkan pangkalan militer itu ke Angkatan Udara Singapura.

3. Layani 700 Ribu Penumpang per Tahun

Operasional bandara Seletar berada di bawah Changi Airport Group. Setiap tahunnya, bandara ini melayani lebih dari 700 ribu penumpang per tahun.

Sebagai informasi, penerbangan komersial perdana yang mendarat di Bandara Seletar adalah penerbangan maskapai Dutch East Indies Airways yang mengangkut 8 penumpang dari Jakarta ke Singapura pada 10 Februari 1930.

4. Khusus Buat Pesawat Jet Pribadi

Bandara Seletar kini dikhususkan untuk melayani penumpang yang naik penerbangan pesawat jet pribadi. Itu karena landasan pacu bandara ini hanya 1,84 kilometer.

Selain untuk bandara bagi pesawat jet pribadi, Bandara Seletar juga melayani penerbangan komersial umum dengan maskapai Firefly yang terbang reguler ke Subang, Malaysia.

5. Lokasi Bandara Seletar

Bandara Seletar terletak sekitar 16 km di barat laut dari Bandara Changi, bandara utama Singapura. Atau berada sekitar 16 km di utara dari pusat kota.

6. Cara Menuju ke Bandara Seletar

Bandara Seletar bisa dijangkau dengan jalur darat naik mobil maupun transportasi umum dengan MRT. Untuk jalur darat, traveler bisa memasukkan kode pos 797405 di GPS atau alamat 21 Seletar Aerospace Road 1 untuk mendapatkan petunjuk arah ke Bandara Seletar.

Untuk transportasi umum, traveler bisa naik MRT dengan tujuan akhir NE14 Hougang MRT Station, NE15 Buangkok MRT Station atau NE16 Sengkang MRT Station. Selanjutnya perjalanan diteruskan menggunakan bus nomor 102 yang turun langsung di Seletar Airport Terminal.

7. Dikelola Manajemen Bandara Changi

Badnara Seletar dikelola oleh manajemen Changi Airport Group sejak 1 Juli 2009. Sebelumnya, Bandara Seletar dikelola oleh Otoritas Penerbangan Sipil Singapura.

Bandara tersebut diperbaiki pada 2015 sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi tekanan pada Bandara Changi dengan meningkatkan kapasitas Bandara Seletar dan memindahkan pesawat yang lebih kecil dan lebih lambat dari Changi ke Bandara Seletar.

Sebuah gedung terminal penumpang baru dibuka pada 19 November 2018, menggantikan terminal penumpang sebelumnya.

Terminal itu memiliki empat konter check-in, enam jalur imigrasi, dua stasiun pemeriksaan keamanan, dan ruang tunggu gerbang yang dapat menampung 200 penumpang.


(wsw/fem)

Read Entire Article