Ikuti 5 Cara Mudah Ini Agar Cicak Tak Bersarang di Dapur

3 hours ago 2

Jakarta -

Meski sudah dijaga kebersihannya, cicak sering kali muncul di area dapur. Hal ini tentu membuat was-was, tetapi bisa dicegah dengan 5 cara ini.

Bagi sebagian orang, kegiatan memasak di dapur merupakan hal menyenangkan. Aktivitas ini memungkinkan seseorang bereksperimen dengan beragam resep untuk bikin makanan enak.

Namun, di dapur sering kali ada kendala dialami. Tak hanya persoalan bahan makanan dan alat dapur yang kurang sesuai, tapi juga kondisi dapur yang bikin tak nyaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Misalnya cicak yang kerap menghampiri area dapur. Hal ini bisa sangat mengganggu dan memengaruhi lingkungan masak. Membuat khawatir apakah bahan-bahan makanan atau masakan keamanannya masih terjaga atau tidak.

Untuk mengatasi hal ini sekaligus menjaga dapur tetap bersih, coba 5 tips dari slurrp.com (16/09/2024) berikut:

1. Semprotan lemon

Air lemonSemprotan air lemon dapat membantu mengusir cicak atau kadal dari dapur. Foto: iStock

Cicak tidak suka bau buah lemon. Untuk mengusirnya, kamu bisa mencampurkan air perasan lemon dengan air biasa, lalu masukkan ke dalam botol semprotan.

Semprotkan air lemon ini ke area sekitar dapur, terutama di tempat yang gelap atau lembab.

Selain mengusir cicak, cara ini juga bisa membuat dapur punya aroma lebih segar dan bersih.

2. Kulit telur

Minum Kopi Campur Cangkang Telur Turunkan Kadar Asamnya, Benarkah?Cangkang telur juga bisa diandalkan untuk mengusir hewan tersebut dari dapur. Foto: iStock

Cicak juga disebut tidak tahan dengan bau kulit atau cangkang telur. Karenanya, jika habis mengupas telur, sebaiknya kulit jangan dibuang.

Kulit telur itu bisa diletakkan saja di dekat jendela, pintu, atau titik masuk lainnya. Bau kulit telur yang kuat dapat mengusir cicak secara alami. Selain baunya, cangkang telur ini juga memberi kesan bahwa ada hama lebih besar yang sedang mendekat.

Jangan lupa untuk mengganti kulit telur setiap dua hingga tiga hari demi menjaga kebersihan area dapur.

Cara ampuh lainnya yang bisa usir cicak atau kadal dari dapur dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Read Entire Article