Apa Perlu Mencuci Beras Sebelum Dimasak? Ini Kata Pakar

3 hours ago 2

Jakarta -

Sebelum masak nasi, sebagian orang meyakini beras perlu dicuci agar lebih bersih. Namun ada yang meyakini praktik ini bisa mengurangi nutrisi beras. Lantas, perlukah mencuci beras sebelum dimasak?

Nasi menjadi sumber karbohidrat utama favorit orang Indonesia. Banyak orang merasa belum makan kalau belum menyantap nasi. Setiap hari pun biasanya mereka masak nasi sendiri.

Saat masak nasi, beberapa orang percaya beras harus dicuci sebelum dimasak. Namun tak sedikit juga yang menganggap mencuci beras akan menghilangkan beberapa nutrisi di dalam beras.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, mana yang benar? Apakah beras perlu dicuci dulu sebelum dimasak?

Melansir Eating Well, mencuci atau membilas beras penting untuk dilakukan. Meski logam berat atau bakteri tak bisa hilang sepenuhnya, tapi beras yang dicuci bisa membuat nasi yang dimasak jadi lebih pulen dan lembut.

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Air Bekas Cuci Beras, Bikin Awet MudaFoto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji

Selain itu, mencuci beras sebelum dimasak juga bagus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang berasal dari proses penggilingan. Proses penggilingan bisa meninggalkan sejumlah pati di permukaan beras. Saat dicuci, kotoran ini akan ikut terbilas.

Mengutip berbagai sumber, mencuci beras sebelum memasaknya juga akan membersihkan butiran beras dari kelebihan pati. Hal ini bisa membantu butiran beras tidak mudah lengket setelah dimasak.

Selain itu, hal paling penting dari manfaat mencuci beras adalah membatasi asupan arsenik atau logam berat yang bisa diserap beras dari air tempat beras ditanam.

Kadar arsenik pada beras merah diketahui lebih tinggi. Pasalnya, kulit ari pada beras merah masih lebih utuh.

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Air Bekas Cuci Beras, Bikin Awet MudaFoto: Getty Images/iStockphoto/Yuuji

Oleh karena itu, meski tak bisa dihilangkan sepenuhnya, setidaknya Anda bisa mengurangi kadar arsenik jika beras dicuci terlebih dahulu.

Artikel ini sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul Cuci Beras Sebelum Dimasak, Perlu atau Tidak?

(adr/adr)

Read Entire Article