Jokowi Resmikan Produksi Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

1 hour ago 1

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan produksi smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur (Jatim). Biaya investasinya mencapai Rp 56 triliun.

"Investasi yang tidak kecil, Rp 56 triliun, itu bukan uang yang kecil, uang yang gede banget," ujar Jokowi di Gresik seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Jakarta (23/9/2024).

Jokowi bercerita pada 2018 dimulai persiapan lahannya. Pembangunan smelter PT Freeport Indonesia membutuhkan waktu 30 bulan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"(Luas lahan) 104 hektar. Sangat besar sekali," kata Jokowi.

"Dan yang paling penting buat kita, buat Presiden adalah penerimaan negara baik pusat dan di daerah seperti apa? Hitung-hitungan saya penerimaan negara masuk kira-kira Rp 80 triliun dari PT Freeport Indonesia, baik berupa deviden, royalti, PPH badan, PPH karyawan, pajak untuk daerah, bea keluar, pajak ekspor, semuanya kira-kira angkanya seperti itu," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pembangunan semester PT Freeport Indonesia ini merupakan usaha Pemerintah untuk menyongsong Indonesia menjadi negara industri maju yang mengolah sumber daya alamnya sendiri, sehingga tidak lagi mengekspor raw material. "Dan ini merupakan pelaksanaan dari gagasan yang sering kita sampaikan mengenai hilirisasi yang merupakan pondasi ekonomi baru Indonesia yang tidak bertumpu kepada konsumsi domestik," sebut Jokowi.

Dari investasi Rp 56 triliun tersebut, diolah Rp 1,7 juta ton konsentrat tembaga yang dibawa dari Papua menuju ke Gresik. Hasilnya, 900.000 ton katoda tembaga, kurang lebih 50 ton emas, dan 210 ton perak.

"Dan ini kalau melihat industrinya sebesar ini, Saya yakin ini akan melibatkan banyak UMKM usaha-usaha kecil baik berupa catering, baik menjadi sub kontraktor dari semua yang berkaitan dengan smelter di Gresik ini. Dan kita harapkan ini juga segera melahirkan perusahaan-perusahaan turunan, industri-industri turunan dari tembaga yang ada di sekitar PT Freeport Indonesia ini," ujar Jokowi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini saya resmikan produksi smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur," lanjutnya.

(isa/imk)

Read Entire Article