Rektor UII Ajak Seratusan Dosen Aksi 'Jogja Memanggil': RI Milik Bersama

1 month ago 10

Yogyakarta -

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid bergabung dalam aksi 'Jogja Memanggil' di Nol Kilometer Kota Jogja siang ini. Seratusan dosennya juga diminta turun dalam aksi ini.

"Kalau jumlah pasti tidak bisa kami hitung, tapi kalau seratusan tampaknya ada, semua dosen muda kita ajak ke sini karena hari ini sebetulnya ada jadwal sesi sekolah kepemimpinan dan ini adalah bagian kurikulum sekolah kepemimpinan, untuk dosen baru," jelas Fathul usai aksi, dilansir detikJogja, Kamis (22/8/2024).

Fahrul mengatakan aksi ini merupakan kesadaran kolektif serta kegelisahan bersama yang akhirnya bisa menggerakkan. Suara dari Jogja ini diharapkannya turut bisa mengingatkan pemerintah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Penyelenggara negara yang tampaknya dalam beberapa bulan terakhir dan kombinasinya dari beberapa waktu yang lalu itu sudah agak kelewatan sehingga kita berharap dengan suara yang semakin lantang di banyak pojok Indonesia akan didengar," paparnya.

Situasi politik sekarang ini menurut Fathul demokrasi yang cenderung prosedural tidak substantif lagi. Terlihat demokratis tetapi senyatanya tidak demikian pada praktiknya.

"Betul berdasarkan regulasi, betul tidak ada hukum yang dilanggar, tetapi ada pesan-pesan sponsor yang itu disusupkan lewat jalur-jalur legal dan akhirnya demokrasi hanya menjadi sebatas retorika," ungkapnya.

"Kedua maraknya politik dinasti yang kita menjadi saksi di banyak tempat tentu saja ini tidak boleh, karena apa karena Indonesia ini milik bersama dan semua warga negara juga berhak untuk berkontestasi dan seharusnya ekosistem politik yang dibangun adalah ekosistem yang sehat," sambungnya.

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)

Read Entire Article