Jokowi Respons Demo Aktivis hingga Mahasiswa: Aspirasi dari Rakyat Sangat Baik

1 month ago 14

Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons demonstrasi besar-besaran yang dilakukan aktivis hingga mahasiswa usai Baleg DPR merevisi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU Pilkada. Jokowi menyebut aspirasi masyarakat sangat baik.

"Baik, itu baik. Itu penyampaian aspirasi dari rakyat, sangat baik," ujar Jokowi di Hotel Kempinski, Jakarta, Jumat (23/8/2024). Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal tanggapannya terkait demonstrasi aktivis hingga mahasiswa.

Sebagai informasi, demonstrasi di gedung DPR dipicu Baleg DPR bersama pemerintah yang sepakat merevisi UU Pilkada usai putusan MK. Pasal-pasal yang disepakati dalam rapat Baleg DPR itu berbeda dengan putusan MK.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada sejumlah perubahan pasal dalam UU Pilkada. Baleg DPR sepakat usia calon kepala daerah dihitung saat pelantikan seperti putusan Mahkamah Agung terhadap PKPU, bukan saat penetapan seperti penegasan MK dalam putusan terhadap gugatan UU Pilkada.

Baleg DPR juga sepakat membedakan syarat minimal bagi partai untuk mengusung calon kepala daerah, yakni antara partai dengan kursi DPRD dan partai tanpa kursi DPRD. Hal ini berbeda dengan putusan MK yang menyamaratakan perhitungan suara partai tanpa memandang ada tidaknya kursi di DPRD.

DPR pun menjadwalkan pengesahan revisi UU Pilkada menjadi UU kemarin. Namun, rapat paripurna ditunda karena tidak memenuhi kuota forum. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan revisi UU Pilkada batal dan putusan MK berlaku.

(isa/aik)

Read Entire Article